SELEKSI IKRA INDONESIA KEMBALI DIGELAR, KOPI CAP MARADDIA MAJU JADI PESERTA

Pembukaan Seleksi Ikra Indonesia 27/2/2024

Kopi kita boleh beda, tapi Indonesia kita tetap satu. Sebuah kalimat pembuka yang aku ucap saat memulai sesi presentasi dalam event seleksi IKRA Indonesia yang berlansung meriah di hotel Claro, Makassar pada Rabu, 28/2/2024 lalu.

IKRA Indonesia adalah sebuah lembaga yang mendorong dan mempertemukan para pelaku UMKM syariah se-Indonesia. Tujuannya adalah agar paraa pelaku UMKM bisa menjalankan usaha secara syar'i dan menciptakan produk halalan thoiyiban terlepas apakah pelaku UMKM bersangkutan seorang muslim atau bukan.

Melihat produk peserta seleksi lain dengan tampilannya yang keren, tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagaimana menarik perhatian dewan juri. Sebuah kebanggan melihat produk dari kawan-kawan pelaku usaha se-Indonesia Timur sudah sedemikian maju.



Pada bagian presentasi ini, setiap peserta akan diberi kuota durasi lima menit untuk menjelaskan segala aspek usahanya mulai dari proses berdiri, alasan menentukan brand hingga apa saja yang telah mereka lakukan dimasyarakat. Setelah itu, akan diberikan durasi waktu dua puluh menit kepada dewan juri untuk mendalami materi presentasi yang disampaikan oleh peserta. Kenapa harus kopi Cap Maraddia?. Tohok Chef Bara tiba-tiba di penghujung tanya jawab setelah pemaparan untuk kopi Cap Maraddia® rampung.

Sekedar informasi, yang saya sebut dengan Chef Bara itu adalah Bara Raoul Pattiradjawane yang seorang jurutama masak, penulis, bintang Iklan sekaligus host pada program acara Gula-Gula yang tayang di Trans TV sejak 2005 silam. Kebayang kan, gimana rasanya ditanya sama orang kondang dan ahli dibidang rasa kayak begitu saat situasi kompetisi. Rasanya campur baur dan bikin deg-deg plass gitu.

Pertanyaan ini sebenarnya adalah sebuah pertanyaan dasar yang selalu menjadi pertimbangan setiap orang sebelum memutuskan menjadi kostumer sebuah produk. Apapun bentuknya. Dan untuk menjawab pertanyaan seperti inilah maka idealnya setiap orang atau minimalnya owner usaha yang terlibat dalam proses marketing harus mengetahui philosofi dari brand yang mereka bangun.Beruntung karena sudah melakukan persiapan yang cukup, hingga tohokan pertanyaan itu tidak membuat gugup.



Dengan lancar ku paparkan kenapa kopi Cap Maraddia® layak untuk hadir mengisi gelas-gelas kopi orang Indonesia sebab kopi Cap Maraddia® adalah produk yang berdiri dan berakar kuat dalam pelestarian sejarah dan budaya masyarakat Sulawesi Barat. Sehingga dengan mengonsumsi kopi Cap Maraddia® sama halnya ikut serta berpartisipasi dalam melestarikan kearifan lokal Sulawesi Barat yang adiluhung.

Setelah sesi tersebut berakhir, tibalah waktunya untuk menunggu hasil keputusan para dewan juri untuk menentukan siapa yang layak untuk menjadi anggota IKRA Indonesia kali ini. Dan peserta harus bersabar selama setidaknya sepekan atau dua pekan untuk dapat mengetahui hasilnya. Tentu saja, kita berharap kopi Cap Maraddia dapat turut lolos. Semoga.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BALA SUJI/LAWA SOJI/WALASOJI

Tafsir Lagu To Pole Dibalitung

Masihkah kita Mala’bi’ Pau