Jenis Kopi Tertua Ada Di Mamasa




Kamu sudah tahu belum DAKAWA dibuat dari daun kopi apa?. Kalau belum, simak di sini.

Setelah ditelusuri secara literat, ternyata kopi Belanda yang dikenal di Sulawesi Barat merupakan varietas kopi tertua yang dikembangkan manusia. Jadi ceritanya, dahulu ada 2 jenis kopi utama di daratan Afrika Utara yang pertama bernama Bourboun dan yang kedua dikenal oleh orang Sulawesi Barat dikemudian hari dengan nama kopi Belanda. 

Setelah sekian lama bersama, kedua kopi ini akhirnya meninggalkan Etiophia dan memulai perjalanannya masing-masing. Jika Si Bourboun mengembara hingga ke Brazil, arabika Belanda sendiri berkelana ke Yaman, Malabar hingga ke nusantara. Di nusantara ia menyebar dari Sabang sampai Merauke, termasuk di wilayah Kondosapata Uwai Sapalelean yang kemudian memiliki nama formal sebagai kabupaten Mamasa.

Dari dahulu kopi Belanda diakui kualitas, aroma dan citarasanya oleh para ahli kopi. Sehingga tak heran, keinginan untuk memilikinya seringkali mengantarkan kopi Belanda memasuki palagan. Mulai perang Wina antara Turki melawan Austria hingga Perang Kopi I dan II yang memperhadapkan kerajaan-kerajaan bersaudara yang ada di Jazirah Sulawesi. Sekalipun kemudian kopi Belanda semakin berkurang karena tak mampu bersaing secara kuantitas produksi dengan kopi lainnya.

Dari latar kualitas dan nilai kopi Belanda tersebut bisa dipahami sehingga hampir semua kostumer DAKAWA selain testimoni citarasa, juga memberikan testimoni kesehatannya yang menjadi  lebih baik setelah konsumsi DAKAWA. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BALA SUJI/LAWA SOJI/WALASOJI

Tafsir Lagu To Pole Dibalitung

Masihkah kita Mala’bi’ Pau